Cara Membuat Lapangan Tenis Meja yang Bisa Kalian Lakukan

Kontraktor Lapangan Olahraga – Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang digemari selama masa pandemi saat ini. Tentunya selain manfaat kesehatan juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi pengrajin. Maka akan dibahas mengenai cara membuat lapangan tenis meja sesuai standar.

Penyiapan Bahan

Sebelum mulai melakukan proses pembuatan sebaiknya menyiapkan bahan terlebih dahulu. Pada poin ini akan dijabarkan beberapa material utama yang digunakan. jenis meja tenis yang digunakan adalah kayu biasa dan bahan mudah didapat di toko bangunan atau mebel.

Papan Kayu atau Multipleks Tebal

Bahan pertama yang Anda butuhkan adalah papan kayu atau multipleks. Terdapat syarat supaya meja bisa digunakan dengan baik untuk olahraga pingpong yaitu memiliki ketebalan 1,5 cm. Hal tersebut berguna supaya cukup kuat dan pantulan bola bisa bagus.

Selanjutnya ukuran papan setidaknya 152,5 cm x 152,5 cm supaya cukup ketika dipotong. Jika memakai papan kayu biasa sebaiknya lebih tebal sekitar 2 cm sampai 3 cm. Karena perlu melakukan penghalusan permukaan terlebih dahulu sebelum pengecatan.

Balok Kayu

Cara membuat lapangan tenis meja selanjutnya adalah mempersiapkan beberapa potong balok kayu. Bahan ini dipergunakan sebagai tiang penyangga bawah, jadi pilih kayu yang kuat, alot, dan lurus. Ukurannya setidaknya harus 5 cm x 5 cm dengan panjang menyesuaikan.

Tambahan lagi untuk pemasangan harus menambah material papan kayu keras. Ukurannya 10 cm x 2,5 cm dengan panjang 10 m sebagai penguat antara kaki satu dengan lainnya. Siapkan balok berjumlah setidaknya 6 atau 8 buah berdimensi sama dan pastikan lurus.  

Plat Besi

Bahan ketiga dari cara membuat lapangan tenis meja yang Anda butuhkan adalah plat besi yang berbentuk persegi panjang. Paling tidak mempunyai ukuran 8 cm x 5 cm atau lebih. Fungsinya akan Anda jadikan sebagai penghubung atau engsel sudut mati dari kaki-kaki meja atau belahan papan utama.

Sebaiknya memilih plat yang agak keras ataupun galvanis yang sulit karatan. Sebenarnya bisa menggunakan besi biasa namun sebelum pemasangan tambahkan terlebih dahulu cat metal. Semakin baik kualitas bahan akan menentukan kekuatan meja.

Cat Polimer Akrilik

bahan utama terakhir adalah cat polimer akrilik sebagai pelapis meja. Untuk jumlahnya sendiri menyesuaikan karena dipakai untuk langkah terakhir dalam pembuatan lapangan pingpong. Sediakan 2 warna yaitu hijau atau biru untuk dasar papan serta putih.

Langkah Pembuatan Lapangan Tenis Meja

Pada poin yang akan kami jelaskan mengenai tahapan atau cara membuat lapangan tenis meja. Proses ini mulai dari pemotongan sampai pemasangan bahan-bahan tadi. Ikuti setiap langkah dengan benar supaya hasilnya bagus dan tidak mengecewakan.

Pemotongan

Langkah pertama adalah melakukan pemotongan bahan yang telah Anda siapkan. Maksudnya adalah papan kayu atau multipleks dan balok. Kerjakan sesuai dengan standar ukuran meja untuk olahraga pingpong yaitu dengan dimensi 137 cm x 152,5 cm.

Potong juga papan kayu tambahan berukuran 10 cm x 2,5 cm secara rapi. Pastikan sisinya rata dan sama karena akan Anda gunakan sebagai penahan papan meja. Selanjutnya ringkas panjang balok menjadi 72 cm sebanyak 6 buah untuk bagian penopang dengan lantai atau tanah.

Perakitan dan Finishing

Berikutnya adalah langkah perakitan antara kaki dengan lapangan atau meja. Lubangi 4 sudut plat dan tekuk menjadi sudut 90 untuk menempel papan tambahan dengan kayu utama. Baut memakai sekrup pasang setidaknya 12 tempat.

Tambahkan juga sudut bawah meja antara papan utama dan penguat. Selanjutnya bentuk kaki 3 pasang untuk ditempatkan di kanan, tengah, dan kiri. Setelah semua terpasang berdirikan meja dan lapisi permukaan menggunakan cat akrilik berwarna biru, lalu gunakan putih sebagai garis lapangan.  

Peminat olahraga yang ramai bisa menjadi lahan untuk bisnis menjual peralatannya. Cara membuat lapangan tenis meja ini dapat Anda coba untuk menghasilkan uang. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut secara runtut dan benar agar hasilnya memuaskan.