Mengenal Dimensi Lapangan Tenis Meja

Jika ingin membuat sesuatu pastinya perlu mengetahui seperti apa bentuk sebenarnya. Pembahasan mengenai dimensi lapangan tenis meja perlu dilakukan. Tujuannya supaya pengrajin bisa membuat atau membangun dengan baik, bagi pemain juga akan berguna meningkatkan permainannya.

Dimensi Lapangan Tenis Meja

Lapangan tenis meja merupakan sebuah benda yang berbentuk. Artinya juga pasti memiliki dimensi baik panjang, lebar, tinggi bahkan juga ruang materi. Maka mempelajari materi tersebut akan memberikan manfaat bagi umum maupun pelaku olahraga.

Tentu ketika ingin memainkan memerlukan ukuran ruang yang memadai. Sebenarnya bisa dilakukan diruangan dengan dimensi lapangan tenis meja cukup sempit. Namun alangkah baiknya apabila lokasinya lumayan luas dengan pencahaan yang bagus.

Ukuran Dimensi Lapangan Tenis Meja

Sebenarnya terdapat aturan mengenai berapa dimensi ideal untuk memainkan sebuah pingpong. Hal tersebut diatur oleh ITTF dalam skala internasional tergantung dari kelas pertandingan. Berikut daftar serta rincian lengkap beserta ukurannya.

Ruang

Ruang dengan kriteria minimum untuk standar sesuai ITTF bergantung pada jenis atau level pertandingan. Pertama even internasional berukuran 14 m x 7 m misalkan saja Asian game danlain sebagainya. Berikutnya kelas turnamen nasional dalam satu negara yaitu 12 m x 6 m.

Selanjutnya ada kelas untuk liga nasional dalam sebuah negara berukuran 10 m x 5 m. Kemudian lokal turnamen maupun kelas league minimal 9m x 5m. Berikutnya untuk biasa atau Latihan dengan total dimensi ruang 8,5m x 4 m.

Meja dan Tembok

Dimensi selanjutnya adalah bentuk meja sebagai media permainan. Ukuran standar tetap untuk berbagai kelas pertandingan yaitu dengan panjang 2,74m, lebar 1,525 m dan tinggi 76 cm. Sedangkan untuk net pxl 1,83m dan 15,25 m tidak kurang dan lebih.

Tembok dalam sebuah ruang pingpong juga harus menyesuaikan karena mempengaruhi jalannya pertandingan. Syarat utama haruslah non-reflektif dengan jarak samping dengan meja 2,5m. Jika dibawah angka tersebut maka harus memakai warna lebih cerah bertipe light 12.

Pencahayaan

Dimensi selanjutnya adalah pengaturan mengenai pencahayaan atau lumens serta ruang bidang permainan. Poin ini juga terbagi kedalam kelas pertandingan menurut ITTF. Even dunia dan olimpic harus ada 1000 lux dengan jarak lantai ke atap 5m.

Berikutnya ada level internasional dan turnamen nasional harus 750 lux sampai 1000 lux berjarak 4m. berikutnya liga dalam negara 500 lux dengan sisa ruang 3 m dari lantai. Terakhir untuk even local league maupun Latihan masing masing 500 lux dan 300 lux berdimensi 3 m.

Lantai

Dalam lingkup dimensi lapangan tenis meja lantai juga menjadi faktor dalam permainan. Menurut stanadar ITTF mengharuskan berjenis non-slip karena biasanya pergerakan pemain cenderung cepat. Selain itu juga harus halus minimal menimbulkan 0 faktor tergelincir.

Pertama pemakaian bahan kayu semi buatan dengan kekuatan setara bobot pemain dalam lapangan. Biasanya pemasangan dilapiskan dilantai dengan ketebalan 12 mm. Warna dari papan bawah juga harus kontras lightness bervolume 10 dari 12.

Temperatur

ITTF telah mempertimbangkan mengenai temperature ideal dalam dimensi permainan pingpong. Hal tersebut karena dilakukan dalam ruangan tentunya suhu dan kelembapan berbeda dan mempengaruhi pemain. Secara standar haruslah memiliki room temperature 15-20˚ non fluktuatif.

Pengaturan kelembapan harus relative sama yaitu 40-50% bersifat stabil. Biasanya dalam sebuah bangunan untuk keperluan pingpong memiliki ventilasi memadai. Sedangkan cara untuk mengatasi suhu memakai AC agar tetap terjaga dengan batas normal.

Melakukan olahraga pingpong akan lebih bagus dalam penampilan jika memenuhi standar yang berlaku. Dimensi lapangan tenis meja penting diperhatiakan karena meliputi seluruh lingkup. Maka sebaiknya mengikuti kaidah seperti aturan tersebut.