Mengenal Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya

Kontraktor Lapangan Olahraga – Kesehatan dapat terjaga dengan melakukan olahraga. Meski demikian banyak orang masih jarang melakukan karena kendala waktu serta malas berpanasan di luar ruangan. Pingpong dapat menjadi solusi namun perlu Anda ketahui dulu seperti apa lapangan tenis meja beserta ukurannya.

Lapangan Tenis Meja

Olahraga tenis ini pasti sudah banyak yang paham seperti apa bentuk permainan serta berbagai komponennya. Pingpong sendiri memiliki jenis dan konsep yang sama persis. Perbedaanya terletak pada media pelaksanaanya yaitu permukaan sebuah meja.

Media permainan pingpong biasanya terbuat dari sebuah papan kayu lalu tambahan garis-garis dan tiang kecil serta jaring sebagai net. Tentunya lapangan tenis meja beserta ukurannya perlu Anda ketahui lebih lanjut. Sebenarnya sudah terdapat aturan pakem tentang berapa besaran dimensinya.

Bagian-bagian Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya

Lapangan olahraga tenis meja sendiri terbagi menjadi beberapa bagian. Masing-masing memiliki kriteria dan fungsinya sendiri supaya pingpong dapat dilakukan. Demikian juga dengan aturan mengenai ukuran tiap komponennya.

Meja

Bagian pertama dalam lapangan pingpong sendiri adalah meja sebagai alas pemantul bola. Biasanya terbuat dari papan kayu utuh, MDF, dan multipleks khusus. Meja pingpong sendiri biasanya agar halus juga terdapat tambahan cat atau warna, umumnya berwarna biru atau hijau.

Induk olahraga tenis meja dunia telah mengatur ukurannya dengan panjang total 274 cm. Sedangkan untuk lebarnya harus 152,5 cm sehingga menghasilkan luas permukaan 4,1785 m2. Ketebalan papan juga mempunyai standar sekitar 3 cm tidak kurang dan lebih.

Tiang Penyangga

Selanjutnya salah satu komponen lain dari lapangan tenis meja beserta ukurannya ada tiang penyangga bawah. Fungsinya sebagai penahan supaya papan dapat berdiri kokoh. Kegunaan berikutnya yaitu mengatur ketinggian media pantulan bola supaya pas dengan postur pemain.

Tiang penyangga ini ada yang terbuat dari kayu balok maupun besi kokoh. Terdapat 4 kaki disalah satu sisi jadi totalnya berjumlah 8. International Table Tennis Federation mengatur ukuran panjangnya harus 76 cm supaya ketinggian meja bisa standar.

Garis Lapangan

Seperti tenis di lapangan luar ping pong juga memiliki bidang yang terbagi dengan tanda garis. Biasanya berwarna mencolok atau putih dan ada disekeliling permukaan luar meja. Selain itu ada pula pembagi bagian tengah sepanjang 274 cm serta tepat di lebar 76, 3 cm.

Garis lapangan tenis meja beserta ukurannya mempunyai tebal 1,5 cm baik di centre, side, maupun end lines. Biasanya jika papan kayu digunakanlah cat dengan warna putih. Selain itu ada pula menggunakan semacam plester tipis mengkilap yang rata saat ditempel dengan permukaan.  

Net

Terakhir ada garis tengah pembagi antar lawan dengan pemain atau kita sebut dengan net. Ukurannya juga sudah menyesuaikan dan harus sepanjang 183 m dari sisi kanan sampai kiri meja. Biasanya akan terkait pada tiang penyangga setinggi 15,25 cm di kedua ujung samping lapangan.

Jarak antara ujung atas net dengan permukaan meja harus berukuran 15,22 cm menyisakan 0,3 cm bawahnya. Tiang penyangga biasanya terbuat dari pipa besi dengan putaran untuk memperkuat ikatan atau sudah terpasang pada papan. Jaringnya sendiri berasal dari serat senar ataupun benang putih.

Lapangan tenis meja beserta ukurannya sudah diatur oleh ITTF sebagai induk olahraga pingpong internasional. Tentunya memiliki tujuan supaya di seluruh dunia mempunyai pakem yang sama. Jika ingin memainkannya semoga informasi tersebut dapat berguna dan bermanfaat.