Tips-Tips dan Estimasi Biaya Pembuatan Lapangan Tenis Meja

Kontraktor Lapangan Olahraga – Dibandingkan dengan cabang olahraga permainan lainnya, tenis meja memang sedikit kalah populer. Namun, kelebihannya ialah sangat cocok dilakukan di dalam ruangan (indoor) sehingga jika Anda ingin menghadirkannya di rumah, proses pembuatan lapangan tenis meja sendiri sangat mudah.

Tips dan Estimasi Biaya Pembuatan Lapangan Tenis Meja di Rumah

Jika Anda ingin membangun lapangan basket, voli, badminton ataupun futsal maka Anda memerlukan ruangan atau lahan yang cukup luas. Namun berbeda halnya ketika memutuskan untuk membuat lapangan tenis meja (pingpong), tidak perlu lahan luas dan biayanya cukup murah.

Kenali Dulu Ukuran Meja/Lapangan Tenis Meja

Sebelum memutuskan untuk membuat meja untuk bermain pingpong, penting sekali untuk membuat rancangan terlebih dahulu berapa dan berapa ukuran yang pas. Sehingga Anda memiliki patokan mengenai jumlah bahan yang diperlukan serta perkiraan total biaya yang dibutuhkan.

Seperti yang perlu Anda ketahui bahwasanya untuk pembuatan lapangan pingpong tidak harus menyesesuaikan dengan standar International Table Tennis Federation (ITTF). Hanya saja ukuran yang pas untuk panjang x lebar meja ialah 274 x 152,5 dengan tinggi meja sekitar 76 sentimeter.

Perhatikan Ukuran Net  (Jaring)

Permainan pingpong juga menggunakan net sebagai pembatas sebagaimana badminton, tenis lapangan maupun voli. Tentu sangat penting untuk mengetahui ukuran yang tepat, paling utama adalah menyesuaikannya dengan lebar lapangan.

Ukuran jaring biasanya ada standar atau perbandingan tertentu. Misalkan panjangnya kira-kira 183 cm, lebarnya 15,25 cm, sementara tinggi dan jarak ujungnya dengan tepian lapangan juga 15,25 cm. Pastikan saat pemasangannya agar bagian bawah net tetap menyentuh permukaan meja.

Mempersiapkan Komponen Pembuatan

Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan semua komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan lapangan tenis meja. Di antaranya ialah: 2 papan kayu multiplek dengan ketebalan kira-kira 15 milimeter,  sebuah net khusus pingpong, dan balok kayu.

Anda juga membutuhkan beberapa perlengkapan dan peralatan lain di antaranya mur dan baut, plat baja, kertas amplas, gergaji, serta bor. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyediakan cat pelapis dan enamel.

Estimasi Biaya Pembuatan

Untuk estimasi biaya pembuatan lapangan tenis meja sebenarnya tidak ada patokan khusus. Terlebih lagi harga materialnya tentu masing-masing wilayah akan beda. Akan tetapi biasanya tidak lebih dari Rp 1.000.000 kecuali jika Anda mempekerjakan orang lain tentu harus membayar upah.

Perkirakan saja, misal 2 lembar kayu lapis/multiplek tebalnya 15 mm total Rp 360.000, balok kayu sepanjang 5 meter untuk kaki meja berdimensi 50×50 mm harganya sekitar Rp 50.000. Sementara net dan perlengkapan lain (cat, amplas, skrup, paku, plat baja) kira-kira menghabiskan Rp 250.000.

Pengecatan Meja Pingpong

Yang tak kalah penting dari pembuatan lapangan/meja untuk permainan pingpong ialah proses pengecatan. Karena tentu Anda tidak mungkin menggunakan kayu multiplek polosan saja. Setelah selesai merakit, maka permukaannya harus diamplas dan dicat.

Amplaslah kayu multiplek beberapa kali sampai menghasilkan permukaan yang mulus, rapi & halus. Kemudian lapisi dengan cat-promer akrilik, terakhir tutup dengan cat enamel warna biru atau hijau pada bagian atas meja dan warna putih untuk garis-garis tengah maupun tepinya.

Itu dia tadi informasi mengenai cara serta estimasi biaya pembuatan lapangan tenis meja apabila Anda memiliki keinginan untuk membuat sendiri di rumah. Namun, jika tidak mau ribet, cara lain adalah dengan menyewa jasa/tukang khusus, tentu Anda harus menyiapkan uang lebih untuk itu.